[email protected]   (0295) 386014
[HOAX] Daun Mimba Dapat Menyembuhkan Covid-19

Posted on 23 Sep 2020


Narasi:

“Boil neem leaves and turmeric powder and Pacha karpooram in water on 15 minutes,now filter this and drink one teaspoon in morning and one teaspoon in evening,this best herbal tea must cure Corona virus”

Terjemahan:

“Rebus daun mimba dan bubuk kunyit dan pacha karpooram dalam air selama 15 menit,saring dan minum satu sendok teh di pagi hari dan satu sendok teh di malam hari,teh  herbal terbaik ini bisa menyembuhkan virus corona”

= = =

Penjelasan:

Akun Twitter @LTVRajesh mengunggah status (21/09/2020) yang mengklaim bahwa teh herbal dari rebusan daun mimba, bubuk kunyit dan pacha karpooram yang diminum setiap hari dengan takaran satu sendok teh tiap pagi dan malam hari dapat menyembuhkan dari virus corona.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim teh herbal dari rebusan daun mimba, bubuk kunyit dan pacha karpooram dapat menyembuhkan dari virus corona adalah salah. Dikutip dari vishvasnews.com, Dr. Vimal N. dari Ministry of AYUSH, mengatakan daun mimba memang memiliki khasiat obat tertetu, akan tetapi daun mimba bukan obat Covid-19. Diketahui bahwa informasi serupa sebelumnya telah menyebar di Malaysia dan sudah dibantah oleh Kementrian Kesehatan Malaysia. Kementrian Kesehatan Malaysia menyatakan penggunaan daun mimba untuk Covid-19 sebagai mitos.

Dilansir dari factcheck.afp.com Kementerian Kesehatan Malaysia dan pakar medis mengatakan belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Menurut Kementerian Kesehatan Malaysia, saat ini hanya ada penelitian mimba pada sel (in vitro) dan hewan (in vivo) yang telah tertular virus hepatitis C, DBD, dan polio. Belum ada penelitian tentang Covid-19.

 

Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan meski sejumlah pengobatan barat, tradisional, atau rumahan dapat meringankan gejala ringan Covid-19, namun belum ada obat yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan Covid-19.

Dengan demikian, klaim informasi teh herbal dari rebusan daun mimba, bubuk kunyit dan pacha karpooram dapat menyembuhkan dari virus corona merupakan konten yang menyesatkan, karena belum ada penelitian tentang daun mimba yang dapat menyembuhkan Covid-19.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/22/125411065/hoaks-daun-mimba-bisa-sembuhkan-pasien-covid-19?page=all

https://factcheck.afp.com/no-scientific-evidence-neem-leaves-can-cure-covid-19-and-its-symptoms-doctors-say

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/q-a-coronaviruses

 

src : turnbackhoax.id