• (0295) 386014
  • Diskominfo Pati, Jl. RA Kartini, Kabupaten Pati, Jawa Tengah
[HOAX] 500 Warga Austria Masuk Islam

Posted on 08 Okt 2020


[HOAX] 500 Warga Austria Masuk Islam

Melalui media sosial Facebook, pemilik akun Camba²City membagikan sebuah unggahan video yang memvisualisasikan ribuan orang di negara Austria berdemonstrasi menggunakan cadar.
.
Unggahan dari pemilik akun Facebook Camba²City tersebut telah dibagikan sebanyak 9.983 kali, menuai sebanyak 1. 395 komentar dan 20.101 like dari pengguna facebook lainnya.
.
Setelah dilakukan penelusuran terkait dengan konten yang di tampilkan dalam video tersebut, diketahui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya merupakan video demonstrasi WINA (Wanita Muslim) Austria yang menentang larangan penggunaan cadar dan kerudung di tempat umum.
.
Melalui mesin pencarian gambar milik Google, tangkapan layar yang digunakan dalam video tersebut diketahui tidak mewakili konteks yang diberitakan.
.
Video pada unggahan tersebut diketahui merupakan video aksi demonstrasi 3000 warga Austria pada tahun 2017 silam yang turun ke jalan dengan mengenakan jilbab sebagai bentuk protes terhadap larangan yang ditetapkan oleh pemerintah Austria untuk mengenakan kerudung dan cardar di tempat umum untuk menutupi kepala.

Sumber:
youtube.com
yahoo.com
 


Diskominfo Pati, Jl. RA Kartini No. 1A Pati (0295) 386014