[email protected]   (0295) 386014
[HOAX] Makan Telur Rebus Tengah Malam Dapat Mencegah COVID-19

Posted on 24 Agu 2020


Beredar postingan pada sosial media yang memberitakan bahwa konsumsi telur rebus pada tengah malam hari dapat menangkal COVID-19.[turnbackhoax.co.id]

[https://health.grid.id/] Faktanya, mengkonsumsi telur rebus memang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh manusia. Umumnya, seseorang akan mengonsumsi telur rebus sebagai salah satu menu diet harian. Telur rebus kaya protein sehingga mampu membantu mengontrol gula darah, mempercepat metabolisme tubuh, sehingga pembakaran lemak menjadi lebih cepat dan banyak.

Mendengar adanya kabar yang beredar luas mengenai konsumsi telur pada tengah malam dapat menangkal COVID-19, medical editor SehatQ, dr. Anandika Pawitri mengungkapkan bahwa sebaiknya masyarakat jangan mudah percaya begitu saja tulisan ataupun video yang diunggah di media sosial.

Sebab, jika menyangkut urusan kesehatan, akibatnya bisa berbahaya. Lagipula ia mengungkapkan, hingga saat ini belum ada satu makanan pun yang telah terbukti melalui penelitian, bisa mencegah infeksi virus corona, termasuk jenis virus corona yang menyebabkan Covid-19.

Saat ini, hal yang efektif untuk mencegah penularan adalah dengan menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh. “Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang memang bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh,” kata dr. Anandika, dikutip dari Kompas.com. Namun ingat, mengonsumsi makanan sehat itu merupakan bagian dari pola makan sehat. Jadi, harus dilakukan setiap hari secara teratur, dengan jenis makanan beragam agar gizinya pun lengkap.

Dr. Anandika pun menambahkan, bahwa selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup juga merupakan bagian penting untuk membangun imunitas tubuh yang kuat. Terlepas dari itu, rupanya mengonsumsi telur rebus pada malam hari bisa membantu memproduksi hormon melatonin yang membuat seseorang cepat merasa mengantuk. Belum lagi telur sendiri punya beragam vitamin dan mineral, salah satunya asam amino tryptophan yang membuat  tidur lebih lama, nyenyak, dan tubuh menjadi rileks.

Meski mengonsumsi telur rebus pada malam hari untuk mencegah penularan virus corona dinilai sebagai hoaks, ada baiknya jika kita tetap mengonsumsinya sebagai salah satu pemenuh kebutuhan protein. (*)

 

src : turbackhoax.id    ||     https://health.grid.id