[email protected]   (0295) 386014
[SALAH] Bantuan Dana dari BPJS Kesehatan

Posted on 30 Apr 2021


[NARASI]:

“Peserta BPJS yang terhormat, anda menerima bantuan dana dari pusat BPJS kesehatan dengan kode… silahkan verifikasi pin di bit.ly/ programblt – 2021”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah pesan SMS beredar dengan klaim bahwa penerima pesan mendapat dana bantuan BPJS Kesehatan dengan menekan tautan yang disertakan di dalam pesan. Pesan dari nomor telepon seluler biasa ini pun menyertakan sebuah kode unik untuk memverifikasi pin setiap penerima pesan agar dapat mengakses dana bantuan tersebut.

Namun setelah menelusuri hal ini, pesan yang mengklaim bahwa dana bantuan BPJS Kesehatan dapat diterima melalui akses ke sebuah tautan adalah hoaks. Pesan ini merupakan hoaks lama yang sempat beredar di Kediri pada Februari 2021 lalu.

Melansir dari artikel media Detikcom, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri Hernina Agustin Arifin menegaskan informasi yang dimuat pesan tersebut tidak benar. Ia menjelaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak menjalankan program pemberian bantuan finansial kepada peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

“BPJS Kesehatan tidak sedang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pemberian bantuan dana ataupun kompensasi seperti yang disampaikan dalam pesan teks. Untuk itu, masyarakat harap waspada atas upaya-upaya penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan,” ucap Hernina saat ditemui di kantornya (22/2/2021).

Kumpulan artikel turnbackhoaks.id pun sempat beberapa kali membahas tentang hoaks bantuan BPJS Kesehatan, namun dengan narasi yang berbeda-beda. Misalnya bantuan finansial BPJS Kesehatan, sampai bantuan 37 Juta dari BPJS Kesehatan.

Melalui akun Instagram resminya, Pihak BPJS Kesehatan menegaskan bahwa website resmi BPJS Kesehatan hanya www.bpjs-kesehatan.go.id, serta portal berita www.jamkesnews.com.

Proses pelaporan lain dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau akun media sosial resmi BPJS Kesehatan untuk memastikan kebenaran website BPJS Kesehatan.

Jadi dapat disimpulkan narasi yang menyatakan bahwa BPJS Kesehatan memberikan dana bantuan merupakan hoaks kategori fabricated content/Konten Palsu.

=====

[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5407679/waspada-beredar-sms-hoaks-dapat-bantuan-dana-bpjs